Visi Indonesia Menjadi Negara Maju

Indonesia menjadi sebuah negara maju. Apa yang tersirat dalam benak anda ketika membaca visi Indonesia tersebut? Memang adalah sebuah visi yang sangat ambisius dan mungkin ada banyak diantara kita dengan bernada sinis akan berujar, NGGAK MUNGKIN!

Adalah hal yang umum diketahui publik bahwa per tahun 2009 ini, Total Utang pemerintah Indonesia Rp 1.704 triliun meskipun pemerintah berargumen bahwa kita masih "safe" dengan mengacu pada perbandingan antara utang pemerintah dan Produk Domestik Bruto (PDB) yang besarnya sekitar Rp 5.295 triliun. Sehingga, perbandingan utang dan PDB turun menjadi 32%. Memang jika dilihat berdasarkan perbandingan volume utang terhadap PDB, situasi Indonesia lebih baik daripada AS, Jepang, dan Inggris. Volume utang AS, Jepang, dan Inggris terhadap PDB mereka masing-masing adalah 202%, 68%, 50%. (Bisnis Indonesia,19 Juli 2009)

Namun tetap saja kita sebagai orang awam akan merasa "ngeri" dengan jumlah hutang tersebut!Dan seringkali kita akan merasa pesimis ketika berpikir tentang Indonesia.
Bahkan ketika SBY beberapa waktu yang lalu mengumumkan Visi Indonesia 2030 menuju negara maju, banyak orang dan pengamat yang tertawa sinis dengan visi tersebut.



Namun apakah benar Visi Indonesia tersebut hanyalah impian belaka? Hal tersebut akan menjadi pekerjaan kita bersama bukan hanya pemerintah saja. Harus diakui bahwa saat ini masih ada banyak kelemahan dalam sistem ketatanegaraan dan lemahnya birokrasi di negara kita. Adalah hal biasa kita mendengar berbagai kebocoran anggaran untuk berbagai proyek pembangunan baik di pusat atau daerah. Masih banyak pejabat kita yang tidak tahu malu terhadap rakyatnya. Belum pernah kita melihat pejabat kita yang secara jantan mengundurkan diri apabila terlibat dari sebuah kasus korupsi, tidak seperti halnya di Jepang atau Korea Selatan, dan negara maju lainnya.

Lalu bagaimana kita menyikapi Visi Indonesia tersebut? Apakah tugas yang berat ini semata-mata hanya akan menjadi tugas pemerintah? Salah besar jika anda berpikir demikian. Kita memiliki peranan penting dalam mencapai Visi Indonesia Negara Maju! Banyak diantara kita yang akan bertanya apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan visi tersebut meskipun ada banyak sekali peranan yang bisa kita lakukan.

Salah satunya adalah sebagai bagian dari Mekanisme kontrol atau Cek dan Balance terhadap kebijakan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah tersebut. Secara teoritis memang gampang namun bagaimana kita menyalurkan mekanisme kontrol kita tersebut?

Saya sendiri bukanlah bagian dari pemerintahan maupun aktivis yang sering melakukan demo-demo di jalanan. Saya hanyalah seorang warga negara yang peduli dengan perkembangan bangsa ini. Dan adalah tanggung jawab kita bersama untuk membuat bangsa ini lebih maju.

Sebagai contoh gampang, apalagi di era keterbukaan seperti ini adalah, internet! Melalui blog seperti ini atau forum atau email berantai adalah sebuah alat yang jangan pernah dianggap sepele dalam menyuarakan sebuah pendapat atau opini. Contoh paling fenomonal adalah kasus Prita Mulyasari! Kita semua melihat bagaimana fenomenalnya sebuah opini melalui email menjadi sebuah kasus besar di publik.

Hal yang sama bisa kita lakukan terhadap berbagai kebijakan pemerintah dan pelaksanaannya baik di pusat maupun daerah. Mungkin ini hanya satu dari sekian banyak hal yang bisa kita lakukan. Hanya dengan sebuah ke-optimis-an dalam melihat kedepan kita akan bisa mampu meraih Visi Indonesia negara maju!

Sedikit berita gembira ketika membaca sebuah laporan khusus hasil riset perkembangan ekonomi dan pasar finansial Indonesia pada 2009 yang dirilis oleh Standard Chartered Bank (SCB) Indonesia . Analisa ini menunjukkan potensi Indonesia di ekonomi global sehingga bisa dikategorikan negara maju G-7 pada 2040 nanti! Berdasarkan angka pertumbuhan rata-rata tahunan dari negara-negara G-20 antara 2000-2008 dan asumsi bahwa pertumbuhan Indonesia akan meningkat tajam di 2012 maka Indonesia diperkirakan akan dapat melampaui misalnya Korea Selatan di tahun 2016, Jepang di 2024, Inggris di 2031 dan Jerman di 2040. Krisis global yang melanda dunia justru membuat pertumbuhan ekonomi tertinggi ketiga di G-20. Riset itu juga memprediksi pada 2020 angka perkapita GDP Indonesia dalam dollar AS akan meningkat empat kali lipat dari angka sekarang. (Kompas,4 September 2009)

Ditambah lagi dengan berbagai pencapaian yang sudah diraih oleh anak bangsa hingga saat ini, sudah saatnya kita semua yakin bahwa Indonesia bisa mewujudkan Visi Indonesia menjadi negara maju!


Mungkin hal dibawah ini bisa menjadi perenungan kita bersama:

Indonesia adalah sebuah negara berlimpah air, bermandikan cahaya matahari, berkecukupan sumberdaya alam, mineral, dan dikaruniai tanah yang subur. Dan tidak sepantasnya rakyat hidup dalam kemiskinan dan ketidakadilan!




10 comments:

  1. belajar blog mengatakan...

    waduh...
    prediksinya ato ramalan toh ga semua berjalan lancar

  2. koleksi mainan mengatakan...

    tingkatkan SDM dahulu...
    baru liat perkembangan selanjutnya
    2030/2040
    duh dah umur berapa saya tuh

  3. berita unik mengatakan...

    Soal ramalan tahun...
    setimpal ama keinginan PSSI: Indonesia jadi tuan rumah World Cup 2022

  4. Daniel DPK mengatakan...

    @@@@Belajar blog: Saat ini mungkin kita akui bahwa masih banyak sekali masalah yg dihadapi oleh bangsa Indonesia.. dan proses ke arah yg lebih baik sudah terlihat..MESKIPUN berjalan cukup lambat krn ada banyak pihak yang pastinya akan dirugikan dalam perbaikan sistem atau birokrasi di bangsa Indonesia

    @@@Kolekasi mainan : SDM akan mjd kunci penting dlm kemajuan sebuah bangsa..dan jangan salah berpikir bahwa SDM kita tdk mampu..Banyak sekali SDM kita yg sangat mumpuni..hanya masalah publisitas informasi shg keberhasilan SDM kita tidak kita ketahui..

    @@@Berita Unik : semoga saja visi PSSI tersebut juga bis dicapai..krn akan menjadi kebanggan tersendiri bagi bangsa Indonesia..dan apabila kita bisa mjd tuan rumah piala dunia maka akan sangat banyak dampaknya bagi perekonomian kita..contohnya adalah Korea Selatan! stl Piala dunia 2002, ekonomi Korsel meningkat tajam krn efek multiplier dari piala dunia..dan bahkan skrg negara tsb menjelma mjd salah satu raksasa dunia..bukan hal yg tdk mungkin hal tsb terjadi di Indonesia....

  5. ramos mengatakan...

    Negara ini kaya (Kaya Koruptor...Penjilat) org yg hanya mementingkan kantong sendiri...Kita Kaya tp kekayaan itu hanya untuk ORG2 Amrik dan konco2nya...kita cuma dpt pajak...

  6. Aina@Azila mengatakan...

    Salam Pak Daneil,
    I love this post...

    Iya, tidak mustahil bagi Indonesia mencapai negara maju by the year of 2040 or 2050. Walaupun saya dari negara jiran, tapi kami turun mengokong visi ini. Pada kami rakyat Malaysia, jika Indonesia berjaya, kami juga turut tumpang senang. Serius!!! Am serius with my statement.

    Lihat dengan minda terbuka... yes u can. Indonesia punya banyak resources yg masih belum terusik. Indonesia juga punya tenaga kerja yang ramai. Yeah...bisa saja pak.
    Yang saya tahu dan hampir pasti, Indonesia punya sumber tenaga elektrik yg mudah dan murah dari goethermal. Ayuh dong, manfaatkan semuanya.

    Sperti kata ramos
    "Negara ini kaya (Kaya Koruptor...Penjilat) org yg hanya mementingkan kantong sendiri..."
    ...ayo donk... think positive. Anda mampu mengubahnya. masalah koruptor itu ada seluruh dunia...

    Sekiranya saya yakin Indonesia bisa, kenapa anda tidak?

  7. Anonim mengatakan...

    Mungkin saya adalah salah satu warga indonesia yang merasakan aura optimisme tersebut, saya sering sekali googling search tentang berita2 indonesia di google news, dan hasilnya banyak sekali berita baik di luar sana. Beda sekali dengan keadaan di dalam negri, tidak sedikit pengamat international yang "meramalkan" masa depan indonesia, dari yang hanya sebatas meramal saja sampai yang sampai dengan perhitungan2 yang rumit, namun dari itu semua saya sebagai warga indonesia merasa begitu optimis dengan perkembangan bangsa ini, dan sebagai warga negara yang baik, bukanlah kita harus merasa pesimistis dengan bangsa kita, sebaliknya kita harus terus bekerja, mendukung kebijakan pemerintah yang memang baik untuk rakyat, dan mulai belajar lebih "welcome" dengan orang luar... bagi yang masih merasa pesimistis anda boleh mencoba cara saya, gunakan saja google news disana banyak beredar berita2 paling up to date yang bisa menjadi pencerahan, dan menambah bukan hanya sedikit tapi lumayan banyak harapan bagi bangsa ini, terima kasih...

  8. obat kuat - obat hipertensi - obat diabetes - obat kesuburaan - obat asam urat - obat stroke mengatakan...

    Ramuan yang terdiri dari bahan-bahan herbal alami yang dapat melancarkan peredaran darah dan membersihkan darah dari toksin-toksin yang berbahaya. menyehatkan kembali organ-organ yang bermasalah. termasuk organ-organ yang sakit yang menyebabkan penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, asam urat, kolesterol tinggi dan mampu membantu kesuburan sehingga pasangan yang sulit hamil dapat segera mendapat momongan. Obat herbal ini mempunyai efek juga layaknya obat kuat, sehingga mampu memfungsikan kembali bagi penderita impotensi dan ejakulasi dini termasuk yang terjadi pada penderita diabetes.

  9. tokek dijual - pembesaran tokek mengatakan...

    TOKEK = Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Sedangkan tokek dalam bahasa awam umumnya merujuk kepada tokek rumah (Gekko gecko), yang memiiki persebaran luas. Marga Gekko menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, ke utara hingga Korea dan Jepang, ke timur --melintasi Kepulauan Nusantara dan Filipina-- hingga ke Kepulauan Solomon dan Santa Cruz di Pasifik. (wikipedia)

  10. haji 2012 dan umrah 2012 mengatakan...

    Biro Travel Haji Plus dan Umrah terbesar di Indonesia menurut data maskapai penerbangan Garuda Indonesia, dan merupakan penyelenggara Haji Plus dan Umrah resmi dan legal yang didukung oleh tim yang sudah berpengalaman dalam memberikan pelayanan bagi jamaah haji plus maupun jamaah umrah. Sejak tahun 1990 telah memberangkatkan lebih dari 50,000 jamaah dari seluruh wilayah Indonesia, bergabunglah dan dapatkan solusi cerdas bagi yang berkeinginan menunaikan ibadah haji dan ibadah umrah dengan biaya murah dan bahkan gratis