Discovery Channel Menebus Kesalahan: Program 30 Menit Tari Pendet

Sebuah kabar gembira bagi bangsa Indonesia yang mungkin akan bisa meredam atau bahkan menyelesaikan perseteruan klaim tari pendet oleh Malaysia. Setelah sekian lama perdebatan di media massa maupun di internet melalui berbagai forum ataupun blog terhadap kasus ini, mungkin saatnya kita "istirahat" sejenak.

Harus diakui bahwa dampak masalah klaim tari pendet ini sangat besar terhadap bangsa indonesia.Bahkan sampai saat ini masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang masih marah terhadap Malaysia. Terlepas dari kesalahan Malaysia di waktu lalu atas klaim budaya Indonesia selain tari pendet dan tanpa melupakan rasa nasionalisme, mungkin untuk permasalahn klaim tari pendet ini perlu bagi kita untuk menyudahinya karena harus diakui bahwa kasus ini murni kesalahan pihak Discovery Channel.


Dan untuk menebus kesalahannya tersebut, pihak Discovery Channel telah meminta maaf secara resmi dan akan membuat program khusus untuk tari pendet berdurasi 30 menit. Pernyataan resmi tersebut disampaikan langsung oleh Senior Vice President General Manager Discovery Souteast Asia, Kevin Dickie dalam siaran pers hari Jumat, 11 September 2009.

Sebuah pernyataan resmi juga dilontarkan oleh Kevin Dickie: "Penggunaan gambar Tari Pendet itu tidaklah mengandung maksud buruk atau merendahkan kebudayaan Indonesia. Kejadian ini merupakan kesalahan manusia atau human error yang dilakukan produser independen, di mana dalam hal ini Discovery Networksbertanggung jawab atasnya,"

Sedikit melegakan bagi bangsa Indonesia setelah mendengar pernyataan resmi ini. Paling tidak, kasus ini telah membawa dampak positif bagi kita semua meskipun kadang tidak kita sadari. Saatnya kita berpikir dewasa bahwa kita sedikit diuntungkan dalam kasus ini.



Pertama, kesadaran masif telah terbentuk di masyarakat Indonesia tentang perlunya perhatian terhadap budaya bangsa Indonesia..


Kedua, Nasionalisme yang sangat besar dalam satu tujuan atau pandangan..setelah sekian lama kita semua terpecah-belah dalam berbagai ide dan pandangan dalam membawa bangsa ini..

Ketiga,Kasus ini membawa nama Tari Pendet khusunya dan Indonesia pada umumnya menjadi semakin terkenal di dunia international..sehingga public dunia akan semakin mengakui bahwa Tari Pendet adalah benar-benar milik bangsa Indonesia..

Keempat, Promosi gratis oleh Discovery Channelsebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap permasalahan klaim tari pendet. Pada akhirnya akan meningkatkan kesadaran dunia internasional akan eksistensi tari pendet sebagai bagian budaya Indonesia dan secara langsung akan meningkatkan tingkat wisatawan di Indonsia..


Seperti Pepatah bahwa Selalu ada Berkah dibalik sebuah Bencana..Semoga ini menjadi pencerahan bagi semua masyarakat Indonesia

17 comments:

  1. aldrix mengatakan...

    nice info bos..
    males ah ngrusi perkara malingshit..
    urusin diri sendiri aja masih ribet..
    hehehe...

    salam kenal cuy

  2. adhyz82 mengatakan...

    malaysia terlalu kecil jika mau ngalahin indonesia...

  3. iorinovellis Blog Profil mengatakan...

    Semoga deh,,,dengan kasus ini dapat menambah rasa peduli masyarakat indonesia dengan kebudayaan kita sendiri. kita sebagai Blogger mungkin dengan memposting kebudayaan dari daerah kita masing2, dapat menjadikan kebudayaan kita dikenal masyarakat tidak melalui kasusu seperti ini.

  4. Upex mengatakan...

    makasih dah berkunjung... Ikutan Tukeran Link dong... Link Anda sdh saya pasang. Salam kenal...

  5. Sastro Planet Demam mengatakan...

    PertamaXX Sob,,,

  6. Aina@Azila mengatakan...

    Alhamdlulillah, akhirnya kebenaran terserlah juga. Sekarang udah tahu kan siapa yang salah?

    Tapi, apa yang saya kesalkan, tiada kata maaf dari bapak sendiri setelah membuat entry sebelum ini

    http://main-conspiracies.blogspot.com/2009/08/klaim-malaysia-terhadap-tari-pendet.html.

    Bapak ada mengatakan di bahagian komentar di entry tersebut ...

    "NAMUN dalam hal ini PEMERINTAH MALAYSIA terkesan angkuh tanpa mau meminta maaf..padahal mereka sebagai pihak terkait seharusnya telah mengecek iklan tsb sebelum ON-AIR"

    ternyata, bapak sendiri yang angkuh, tidak meminta maaf setelah isu ini jelas bukan salah Malaysia.

  7. Daniel DPK mengatakan...

    @@@@Aina@Azila : memang permasalahan saat ini sudah semakin jelas siapa yang PALING bertanggung jawab,yaitu Discovery Channel..NAMUN, bukan berarti bahwa pihak Malaysia tidak bersalah..Kalo anda bilang bahwa kasus ini jelas bukan salah Malaysia,menurut saya tidak 100% benar juga..Pemerintah anda juga melakukan kesalahan karena tidak melakukan proses cross cek sebelum iklan tersebut on-air ke public...

  8. Aina@Azila mengatakan...

    Pak Daniel, sudah anda menonton Enigmatic Malaysia itu? Sepertinya anda tidak pernah menonton. Cuma ngomongnya aja yg berkobar2.... cuma ngomong dari berita angin tanpa soal selidik.

    Di dalam siri dokumentasi tersebut TIDAK ADA tarian pendet. Dokumentasi tersebut telah di cross check, tak ada tari pendet di dalamnya.

    Yang ada hanya dalam 30 saat slot iklan promo siri tersebut yg dibuat sendiri oleh Discovery Channel di US. It is out of scope.... DiscoveryChannel not a Malaysian company. Apa anda tidak pernah menonton Discovery Channel? Anda tidak pernah menonton National Goegraphic?

    Apa anda fikir kerajaan Malaysia tidak punya kerjaan untuk menyemak semua channel dari seluruh dunia?

    Maaf, saya harus mempertahankan pemerintah saya kerana dakwaan anda amat keterlaluan. Kebenaran harus di jelaskan.

    Seharusnya anda membaca di sini
    http://ainafarhana.blogspot.com/2009/09/jawapan-kepada-pak-daniel-dpk-bahagian.html

    dan di sini.
    http://ainafarhana.blogspot.com/2009/09/jawapan-kepada-pak-daniel-dpk.html

  9. Metropolis mengatakan...

    Berarti discovery jentelmen mau mengakui kesalahan :)

  10. Ardiz Tarakan Borneo mengatakan...

    tetap aja kesalahan utama berasal dari pelancongan kerajaan malaysia. karena kemalasan untuk kroscek, meneliti, mensensor terlebih dahulu hasil kerja pihak lain.

    Dengan gampangnya cuci tangan dan menyerahkan kesalahan kepada pihak lain. enak banget. emang kemana kementrian pelancongan malaysia saat itu ???? tidur atau lagi buta ???
    mengapa tidak teliti terlebih dahulu ??? mengapa setelah media, warga dan blogger indonesia protes baru kerajaan malaysia melek mata atas kasus ini???

    kalau tidak ada media, warga dan blogger indonesia yang teliti dengan jiwa nasionalisnya maka, film itu akan sangat menguntungkan malaysia.

    berkat media dan warga Indonesia maka kebusukan pihak malaysia bisa terungkap. ayolah malaysia .... jangan ganggu jiwa nasionalis kami. sadarlah bahwa kejadian ini karena kelalaian / kealfaan / keteledoran / kemalasan kerajaan malaysia untuk mensensos apa yg bukan milik Anda untuk di tayangkan dunia.

    sadarlah dan akui kesalahan malaysia wahai kerajaan malaysia.... akuilah bahwa kerajaan malaysia MALAS.... cocok dengan nama kerajaan MALAYSIA = Bangsa MALAS.

  11. mybisnis mengatakan...

    postingan yang mencerahkan....

  12. Anonim mengatakan...

    aina,

    jgn dilayan bangsa bodoh.nati ikut bodoh.senyap je.TITIK.

  13. Alitstar mengatakan...

    Semoga rakyat Idonesia hidup gembira dan makmur dengan tarian ini. Diharapkam tarian ini akan menggubal ekonomi Indonesia menjadi negara terulong didunia dan diakhirat.

    Jika Malaysia bersalah maling budaya Indonesia, maka harus juga Indonesia disalahkan maling;

    • agama Islam dari tanah Arab?
    • bahasa Inggeris dari British?
    • budaya Belanda/Portugis?
    • pakaian yang dikenalkan Summerians 26,000 tahun dulu?
    • sistem kalender yang dicipta puak Mayan?
    • Maling pemakanan yang dicipta orang barat?
    • musik barat untuk hiburan sendiri?
    • gaya hidup yang bukan asal-usul tanahair sendiri?

    Apakah tujuan mana mana negara menuntut budaya masing masing, kalau bukan untuk dikembangkan?

  14. obat kuat - obat hipertensi - obat diabetes - obat kesuburaan - obat asam urat - obat stroke mengatakan...

    Ramuan yang terdiri dari bahan-bahan herbal alami yang dapat melancarkan peredaran darah dan membersihkan darah dari toksin-toksin yang berbahaya. menyehatkan kembali organ-organ yang bermasalah. termasuk organ-organ yang sakit yang menyebabkan penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, asam urat, kolesterol tinggi dan mampu membantu kesuburan sehingga pasangan yang sulit hamil dapat segera mendapat momongan. Obat herbal ini mempunyai efek juga layaknya obat kuat, sehingga mampu memfungsikan kembali bagi penderita impotensi dan ejakulasi dini termasuk yang terjadi pada penderita diabetes.

  15. tokek dijual - pembesaran tokek mengatakan...

    TOKEK = Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Sedangkan tokek dalam bahasa awam umumnya merujuk kepada tokek rumah (Gekko gecko), yang memiiki persebaran luas. Marga Gekko menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, ke utara hingga Korea dan Jepang, ke timur --melintasi Kepulauan Nusantara dan Filipina-- hingga ke Kepulauan Solomon dan Santa Cruz di Pasifik. (wikipedia)

  16. haji 2012 dan umrah 2012 mengatakan...

    Biro Travel Haji Plus dan Umrah terbesar di Indonesia menurut data maskapai penerbangan Garuda Indonesia, dan merupakan penyelenggara Haji Plus dan Umrah resmi dan legal yang didukung oleh tim yang sudah berpengalaman dalam memberikan pelayanan bagi jamaah haji plus maupun jamaah umrah. Sejak tahun 1990 telah memberangkatkan lebih dari 50,000 jamaah dari seluruh wilayah Indonesia, bergabunglah dan dapatkan solusi cerdas bagi yang berkeinginan menunaikan ibadah haji dan ibadah umrah dengan biaya murah dan bahkan gratis

  17. Belajar Search Engine mengatakan...

    apa tokek kok gk tau gan...di rumah q banyak..tokek itu kayak cicak tapi klo ngigit massaAllah sakitnya..gk mw di lepas