KOPASSUS: Salah satu pasukan ELITE terbaik di dunia?



Seputar polemik kontroversi berita mengenai penilaian bahwa Kopassusdinobatkan sebagai pasukan elite terbaik no 3 di dunia. Benarkah itu?

Akhir-akhir ini banyak rekan blog dan di berbagai forum yang meramaikan perihal penilaian Discovery Channel Military edisi 2008 yang mengeluarkan sebuah pemeringkatan pasukan elite terbaik di dunia. Ada tiga pasukan elite yang dipilih tim juri yang beranggotakan ahli militer dari penjuru dunia yang direkrut Discovery Channel Military untuk memberikan penilaian. Ketiganya adalah pasukan elite SAS Inggris, Mossad Israel, dan terakhir adalah Kopassus Indonesia.

Disebutkan dalamberbagai forum bahwa Penilaian itu bukan berdasarkan teknologi militer, melainkan kemampuan dan performa. Prestasi itu bukan dianggap remeh-temeh. Itu adalah salah satu kebanggaan bangsa Indonesia. Bahwa pasukan elite Kopassus Indonesia menjadi salah satu yang terbaik. Bahkan mengalahkan pasukan elite dari Amerika Serikat sekalipun. Namun, perlu diingat, ini bukan urusan teknologi militer, melainkan skill dan performance.

Anda pasti heran kenapa pasukan US tidak masuk dalam tiga besar pasukan elit dunia. Menurut tim juri, pasukan elit US terlalu mengandalkan pada kecanggihan peralatan militernya. Sebuah pasukan elit harus mempunyai skill individu yang sempurna seperti pertahanan, survival,kamuflase,strategi, ketahanan fisik, gerilya,pembuatan jebakan,dll. Para juri menyatakan bahwa kemampuan 1 prajurit Kopassus sama dengan 5 prajurit biasa. Sedikit fakta mengenai Kopassus :

1. Kopassusmemenangkan kejuaraan tembak sniper championship dengan menggunakan senjata buatan Indonesia.

2. Kopassusmenduduki peringkat 2 dalam menjalankan operasi militer strategis seperti, intelijen, persiapan dan pergerakan, infiltrasi, dan penyerbuan. Peringkat pertama adalah DELTA force, USA.

3. 80% negara-negara di Afrika Utara pelatihnya dari Kopassus.

4. Pasukan Elite Kamboja sudah lama dilatih oleh Kopassus.

Bahkan dalam sebuah situs menempatkan Kopassus sebagai pasukan elite terbaik di dunia untuk kategori Counter-terrorism / Special Purpose Units. Lihat di sini untuk link langsungnya.

Sedikit meluruskan masalah. Harus diakui bahwa berita diatas masih kontroversial karena tidak ada fakta dari sebuah situs yang menginformasikan kebenaran berita tersebut. Tanpa mengurangi rasa Nasionalisme, dengan segala permasalahan yang ada dalam alutsita tentara indonesia, tentunya hal tersebut memang layak untuk dipertanyakan kebenarannya. Artinya, kalau bicara soal persenjataan yang dimiliki, militer Indonesia saat ini tentu tidak bisa bicara banyak. Alutsista yang dimiliki TNI saat ini sebagian besar peralatan tua.

Namun, terlepas dari kontroversi kebenaran berita, ada point penting yang saya rasa sangat benar yaitu Skill dan performance. Terlepas dari pelanggaran HAM di masa lalu yang dilakukan oleh Kopassus, harus diakui bahwa pasukan ini memiliki Skill dan performance yang sangat mumpuni. Dan sekali lagi terlepas dari kebenaran berita tersebut minimal pemberitaan tersebut akan mampu menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk memiliki sebuah rasa percaya diri terhadap kekuatan pertahanan di dalam negeri.

Rasa percaya diri terhadap pertahanan ini yang perlu ditingkatkan. Sebab saat ini kita tidak lagi menghadapi perang antar musuh sebagaimana perang konvensional layaknya Perang Dunia II. Kita berhadapan dengan perang terbuka. Siapa saja bisa menjadi musuh dan menggoyahkan pertahanan bangsa melalui berbagai isu. Ancaman itu sangat luas, mulai dari ketahanan pangan, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, teknologi, dan lainnya. Sementara itu, kemampuan negara untuk membangun benteng pertahanan ini tidak cukup modal. Anggaran negara tidak bisa mengongkosi biaya pertahanan itu. Sumber daya manusia juga terbatas. Peralatan di sektor pertahanan juga terbatas. Lalu apa yang bisa diandalkan?



Ancaman terus-menerus datang. Apakah negara harus berutang untuk membangun benteng layaknya Fort Knox agar NKRI ini tidak dibobol musuh di medan terbuka? Dengan keterbatasan yang ada ini, kembali kita sebagai bangsa Indonesia perlu memupuk rasa percaya diri dan mengoptimalkan yang ada. Pengadaan peralatan yang canggih memang mutlak perlu. Namun, untuk situasi saat ini, belum menjadi prioritas. Setidaknya bangun dulu rasa percaya diri bangsa Indonesia ini.

Rasa percaya diri ini bisa menjadi modal besar untuk menghadapi musuh. Rasa percaya diri ini juga menjadi modal untuk membuat peraturan yang tegas terhadap musuh-musuh negara. Ambil contoh, siapa saja atau warga negara mana pun tanpa terkecuali memasuki Indonesia dengan menyelundupkan narkoba dijatuhi hukuman mati.

Itu adalah sebuah bentuk ketegasan negara terhadap musuh-musuhnya. Demikian juga kapal-kapal pencuri ikan yang masuk ke Indonesia secara ilegal akan ditembak. Ketegasan itu menjadikan Indonesia kuat karena performance dan skill.

Semua itu menjadi bagian dari ketahanan NKRI secara menyeluruh. Urusan pertahanan tidak semata-mata diserahkan menjadi tanggung jawab militer. Seluruh masyarakat harus ambil bagian dalam konsep pertahanan negara ini. Masyarakat harus ikut ambil bagian mengamankan hal-hal yang di luar kekuasaan tentara. Sebagai contoh nyata yang baru saja terjadi di Jakarta adalah peristiwa pengeboman di Hotel JW Marriot dan Ritz-Carlton. Dari hasil pengungkapan polisi, pelakunya baru saja lulus SMA. Ada sebuah model baru perekrutan calon teroris dengan melibatkan anak-anak sekolah atau mereka yang baru saja lulus sekolah. Ada upaya peradikalan terhadap remaja.

Menjadi yang terbaik dan disegani masyarakat dunia bisa dengan banyak cara. Tidak harus dengan uang yang banyak, apalagi diperoleh dengan cara utang. Dengan mengandalkan rasa percaya diri, kemampuan, dan performa, bangsa Indonesia bisa melakukannya. Kita jangan terlalu mengecilkan rasa percaya diri karena kekurangan yang dimiliki. Justru keterbatasan yang kita miliki ini bisa memicu untuk menjadi lebih baik lagi. Kekayaan alam dan sumber daya manusia yang melimpah harus dikerahkan dan dijaga kesinambungannya. Membangun rasa bangga pada Indonesia merupakan bibit National Character Building yang harus terus diwariskan kepada setiap generasi bangsa. (Media Indonesia, 1 September 2009/ humasristek)

16 comments:

  1. indonesia raya mengatakan...

    Benar sekali ,meskipun berita ini masih simpang siur tentang kebenarannya,tapi setidaknya ini menjadi pemicu semangat untuk bangsa indonesia ... salam indonesia

  2. MT mengatakan...

    belum bisa komentar serius... hanya menyerap informasi saja. terima kasih :)

  3. dinni mengatakan...

    YOiii...harus semangat,...;-)

  4. ×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...

    yup perlu di ketahui oleh sobat, bahwa indonesia paling di takuti adalah perang gerilyanya bahkan berdasarkan beberapa informasi dari sahabat ku bahwa amerika sendiri menggunakan buku literatur buatan indonesia tentang strategi perang indonesia yang di tulis Jenderal ( alm ) A.Yani.

  5. AD1N mengatakan...

    wow... mudah2an infonya akurat... biar jadi efek penggentar sama negara2 iseng.

  6. van hulondhalo mengatakan...

    wah.. hebat nih.. aku bangga negaraku punya kopassus

  7. aziza mengatakan...

    Intinya siH, kapan hutang-hutang negara kita Lunas? Kalo terus-terusan ngurus "performance" mereka hehehe :)

  8. AeArc' mengatakan...

    hmm.. knapa pasukan brigade al-qassam gak masuk ya? sayangnya si mossadnya israel masuk nomer dua

  9. abecho mengatakan...

    kopasus jadi yang terbaik ke tiga didunia menurut sya pribadi masih ragu, bukannya mau meremehkan....tapi masih perlu pembuktian2 yang lain
    tapi masalah rasa percaya diri ini sy sangat setuju, karena sebenarnya bangsa indonesia mampu, hanya saja belum semua orang2 nya mempunyai rasa percaya diri terhadap bangsanya sendiri, orang indonesia lebih senang berlibur keluar negeri, berobat keluar negeri, belanja barang2 buatan luar negeri. padahal di indonesia sendiri tidak kalah dengan yang lain...
    mari tinggatkan rasa percaya diri dan bangga akan bangsa indonesia

  10. Anonim mengatakan...

    haha...kopassus konon....macam balung ayam je....kasihan indonesia tidak ada apa yang hendak dibanggakan... rakyatnya tidak banyak akal...

  11. Aina@Azila mengatakan...

    Pak daniel, saya sudah pun menjawab pertanyaan Pak Daniel di blog saya... Semoga semua persoalan bapak terjawab. Harap maklum.

  12. sastro planet demam mengatakan...

    Memang tidak diragukan lagi bila Kopassus menjadi pasukan terbaik nomor 3, prestasinya memang sudah diakui dunia ketika operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand.

  13. obat kuat - obat hipertensi - obat diabetes - obat kesuburaan - obat asam urat - obat stroke mengatakan...

    Ramuan yang terdiri dari bahan-bahan herbal alami yang dapat melancarkan peredaran darah dan membersihkan darah dari toksin-toksin yang berbahaya. menyehatkan kembali organ-organ yang bermasalah. termasuk organ-organ yang sakit yang menyebabkan penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, asam urat, kolesterol tinggi dan mampu membantu kesuburan sehingga pasangan yang sulit hamil dapat segera mendapat momongan. Obat herbal ini mempunyai efek juga layaknya obat kuat, sehingga mampu memfungsikan kembali bagi penderita impotensi dan ejakulasi dini termasuk yang terjadi pada penderita diabetes.

  14. tokek dijual - pembesaran tokek mengatakan...

    TOKEK = Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Sedangkan tokek dalam bahasa awam umumnya merujuk kepada tokek rumah (Gekko gecko), yang memiiki persebaran luas. Marga Gekko menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, ke utara hingga Korea dan Jepang, ke timur --melintasi Kepulauan Nusantara dan Filipina-- hingga ke Kepulauan Solomon dan Santa Cruz di Pasifik. (wikipedia)

  15. haji 2012 dan umrah 2012 mengatakan...

    Biro Travel Haji Plus dan Umrah terbesar di Indonesia menurut data maskapai penerbangan Garuda Indonesia, dan merupakan penyelenggara Haji Plus dan Umrah resmi dan legal yang didukung oleh tim yang sudah berpengalaman dalam memberikan pelayanan bagi jamaah haji plus maupun jamaah umrah. Sejak tahun 1990 telah memberangkatkan lebih dari 50,000 jamaah dari seluruh wilayah Indonesia, bergabunglah dan dapatkan solusi cerdas bagi yang berkeinginan menunaikan ibadah haji dan ibadah umrah dengan biaya murah dan bahkan gratis

  16. Anonim mengatakan...

    kalau menurut saya pribadi kopassus memang layak menjadi peringkat ke 3 karna harus kita ketahui bahwa indonesia mempunyai sesuatu yang tidak dipunyai oleh negara lain yaitu kebersamaan walaupun dalam teknologi indonesia kurang memadai tapi saya yakin jika ada persatuaan apapun bisa di taklukan