Kerja Keras Adalah Energi Kita

Kerja Keras Adalah Energi Kita : Visi Pertamina Menjadi World Class Oil Company


Kerja Keras Adalah Energi Kita
"Kerja Keras Adalah Energi Kita" merupakan bagian dari kampanye Pertamina untuk memperkenalkan slogan baru mereka. Slogan tersebut sekaligus menunjukkan wajah baru dari Pertamina yang sedang berbenah diri. Di tengah sorotan publik dan pemerintah terhadap kinerja Pertamina saat ini, berbagai upaya harus dilakukan. Terlebih lagi tantangan kedepan bagi Pertamina bukan lagi sekedar wacana namun sudah mulai menjadi nyata. Visi kedepan untuk menjadi salah satu world class oil company menjadi sebuah tantangan dan jawaban terhadap keraguan publik dan pemerintah. Mungkin terlalu berlebihan visi tersebut, namun dengan semangat "Kerja Keras Adalah Energi Kita" seperti yang dikampanyekan saat ini, sepertinya untuk mewujudkan visi tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal sangat kaya akan sumber daya alamnya termasuk Minyak bumi dan Gas. Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan negara yang mengelola minyak adalah kebanggaan seluruh bangsa Indonesia. Harus diakui bahwa saat ini Pertamina masih belum bisa berbicara banyak di kancah international. Pertamina seringkali dibandingkan dengan Petronas Malaysia yang notabene dahulu sekitar tahun 1970-an pernah berguru dengan Pertamina. Namun yang terjadi kini, Petronas melaju pesat menjelma menjadi sebuah perusahaan minyak dunia yang disegani. Petronas memiliki aset jauh diatas Pertamina yang hanya Rp 140 triliun. Bahkan, Singapore Petroleum Corporation(SPC) yang negerinya hanya satu pulau kecil yang tidak punya sumur minyak, sudah mengalahkan Pertamina.[1]




Pertamina Blog Contest



"Kerja Keras Adalah Energi Kita" merupakan moment untuk kembali bangkit dan mempercepat proses transformasi di Pertamina. Dan ketika mendengar Visi kedepan Pertamina untuk menjadi salah satu perusahaan minyak kelas dunia, terbayang sebuah kebanggaan sekaligus beratnya Kerja Keras dari Pertamina untuk mencapai visi tersebut. Untuk mencapai visi tersebut bukanlah hal yang mudah sekaligus juga bukan hal yang tidak mungkin diwujudkan. Sebuah tantangan yang mensyaratkan semangat "Kerja Keras Adalah Energi Kita" yang berkesinambungan untuk mewujudkannya.

Tantangan ke depan bagi Pertamina sangatlah besar. Selain mewujudkan visi menjadi perusahaan migas kelas dunia,Pertamina juga mengemban fungsi sosialnya kepada rakyat Indonesia yaitu menjamin pasokan energi dan mendistribusikannya ke seluruh daerah di tanah air dengan lancar dan aman dan tepat waktu. Dan mengingat peran strategis yang dimilikinya, Pertamina seharusnya juga bisa menjadi motor penggerak bagi perekonomian Indonesia. Memang bukan bukan hal yang mudah untuk men-sinergi-kan berbagai peran Pertamina tersebut diatas untuk berjalan selaras secara bersamaan namun dengan semangat "Kerja Keras Adalah Energi Kita",niscaya Pertamina bisa menjalankan fungsinya tersebut.

Semangat Kerja Keras Adalah Energi Kita dalam menentukan arah transformasi


Perbaikan manajerial juga menjadi hal yang mendesak untuk segera dilakukan oleh Pertamina adalah melalui penerapan Good Corporate Governance (GCG). Prinsip-Prinsip GCG seperti Akuntabilitas (accountability), Pertanggungan-jawab (responsibility), Keterbukaan (transparancy), Kewajaran (fairness), dan Kemandirian (independency) harus menjadi culture atau budaya kerja sehari-hari di lingkup manajemen Pertamina baik di level atas hingga merata di level bawah.

Investasi secara kontinyu, baik investasi dalam pengembangan SDM maupun Investasi dalam Pengembangan Tehnologi Terbaru (cutting edge technologies) dalam dunia perminyakan juga menjadi syarat mutlak bagi Pertamina untuk bisa mewujudkan visi world class oil company tersebut. Dengan pengalaman Joint Operation yang bertahun-tahun, sudah saatnya Pertamina mengubah platform kerjasamanya menjadi sebuah kerjasama strategic (Strategic Alliance) yang memungkinkan adanya transfer tehnologi dari Partner yang ada kepada Pertamina sehingga Pertamina akan mampu bersaing di kemudian hari dengan Partner-partnernya yang notabene kebanyakan adalah world class oil company.

Pemetaan dan perhatian terhadap aset strategis yang dimiliki Pertamina harus segera dilakukan. Salah satu contohnya adalah Blok Natuna D-Alpha yang memiliki cadangan pasti gas sebanyak 46 triliun kaki kubik dengan kandungan karbondioksida sebanyak 70 persen dimana Blok D-Alpha merupakan salah satu aset strategis sebagai cadangan gas terbesar di dunia saat ini dengan total potensi gas mencapai 222 triliun kaki kubik (tcf). Proyek ini bisa menjadi sebuah tantangan bagi Pertamina untuk mengembangkan diri. Meskipun Pertamina belum memiliki tehnologi dalam mengatasi kendala tingginya kandungan karbondioksida, namun melalui strategic partnertship, Pertamina bisa mendapatkan transfer tehnologi terhadap permaslahan tersebut sekaligus bisa menjadi sebuah milestone project untuk membawa Pertamina mewujudkan visinya menjadi World class oil company.

"Kerja Keras Adalah Energi Kita" juga merefleksikan kesadaran Pertamina terhadap masalah Pemanasan Global dan semakin menipisnya cadangan minyak di tanah air harus menjadi perhatian tersendiri bagi Pertamina. Kesadaran bahwa suatu saat cadangan minyak akan habis harus mampu mendorong Pertamina untuk lebih inovatif,kreatif,dan adaptif. Inovasi dalam pencarian sumber energi terbarukan seperti bio diesel sangat diperlukan untuk tetap bisa bertahan di masa yang akan datang. Sudah seharusnya Pertamina melakukan riset pengembangan akan potensi bio solar mengingat negara kita sangat kaya akan sumber nabati yang bisa dijadikan bahan baku bio energi seperti biji Jarak, jagung, kopra, kelapa sawit,dan lain-lainnya.

Sejalan dengan perannya sebagai penggerak ekonomi bangsa, Pertamina juga harus merangkul partner-partner lokal baik akademisi maupun perusahaan dan mendorong mereka dalam pengembangan energi alternatif yang ada. Saat ini berbagai riset pengembangan berbagai sumber energi nabati juga dilakukan oleh akademisi dan perusahaan swasta lokal meskipun hasilnya belum optimal. Pertamina bisa menjadi jembatan untuk mengoptimalkan hasil riset mereka baik dari sisi kualitas maupun sisi ekonomis.

Kerja Keras Adalah Energi Kita adalah harapan seluruh rakyat Indonesia


Harus diakui bahwa tantangan Pertamina untuk menjadi World Class Oil company sangatlah berat. Motto "Kerja Keras Adalah Energi Kita" sangatlah selaras dengan kesadaran akan terbatasnya cadangan minyak yang ada di Indonesia dan dunia. Dan harus kita akui bahwa Kerja Keras adalah sebuah Sumber Energi yang tidak akan habis dan yang akan mampu membuat Pertamina mentransformasikan dirinya lebih cepat lagi untuk mewujudkan visi sebagai world class oil company. "Kerja Keras Adalah Energi Kita" mengisyaratkan keseriusan Pertamina untuk mewujudkan visi tersebut.

Terlepas dari berbagai kekurangan yang dimiliki oleh Pertamina, besar harapan rakyat Indonesia terhadap Pertamina untuk mewujudkan visinya menjelma menjadi sebuah perusahaan minyak kelas dunia yang mampu berbicara banyak di kancah international.Besar harapan rakyat Indonesia bahwa "Kerja Keras Adalah Energi Kita" bukan hanya sekedar jargon belaka. Dan pastinya "Kerja Keras Adalah Energi Kita" harus menjadi sebuah culture atau budaya kerja setiap hari, yang meresap ke dalam diri semua karyawan di Pertamina baik di level atas maupun di level bawah.

81 comments:

  1. - - Oda - - mengatakan...

    Nice article :)

  2. Hitler Jr. mengatakan...

    Semoga sukses gan, dengan kontes SEOnya

  3. al-basri mengatakan...

    salam sobat
    saya juga suka subject ekonomi, maka artikel ini sangat menarik untuk dibaca menambah ilmu.

    saya yakin Indonesia dan Pertamina mampu bergerak bersama negara lain di dunia dalam arus ekonomi terkini, jika kerja keras dan dasar pembangunan yang mantap terus dilestarikan.

    terima kasih sobatku, semoga SEOnya sukses.

  4. chekdenoor mengatakan...

    Salam persahabatan,

    Jika di Malaysia, mereka yang bekerja dengan company petronas sememangnya berpendapatan bulanan yang mewah. Dikampung kecil suami saya di cukai Terengganu, ikan dipasar naik harganya kerana terdapat ramai pegawai petronas yang tinggal disitu. Kasihan kepada orang kampung yang hanya berpendapatan rendah, terkesan dengan kenaikan harga ini.

    Petronas juga telah bermurah hati memberi biasiswa untuk melanjutkan pelajaran bagi anak-anak Malaysia yang kurang berkemampuan. Biasiswa yang ditawarkan adalah sangat lumayan.

    Untuk pengetahuan Tuan Daniel, puteri saya di UGM Jogyakarta selalu memuji tentang baik pekerti orang-orang disitu. Jiran tertangga yang baik dan alhamdulillah setakat ini, puteri saya telah lebih 3 tahun menyewa dirumah"pak Amin" seorang yang sangat prihatin dan baik hati. Sewaktu ingin pulang ke Jogyakarta, puteri saya membawa bekalan kueh raya.... waduh...bergitu banyak yang ingin diberi ..kepada pak amin(tuan rumah), kepada embak laundry, kepada embak kiki(kakitangan ugm yang baik hati) dan kepada teman-teman indonesianya.Setakat ini alhamdulillah saya bersyukur dengan semua rahmat ALLAH.

  5. Info Liga Italy mengatakan...

    thx dah komen bro...btw artikelnya bagus nich...salam dari Papua

  6. rumah blogger mengatakan...

    kadang-kadang minyak tanah langka, BBM antrriii dan elpiji kosong...tentunya ini tantangan utama pertamina untuk memenuhi kebutuhan pasokan dalam negeri yaaaa.

  7. aydesdabelyu mengatakan...

    saya jadi bertanya dalam hati, mungkinkah pertamina sudah bebas dari rongrongan politisi hitam

  8. zhezhe mengatakan...

    Kerja keras biar menang kontes blog-nya

    semoga menang kontes-nya...

  9. adsense gratis mengatakan...

    selamat siang, anda memasang iklan di adsense gartis opoto.net? sekedar info, agar iklan anda bisa masuk ke postingan di opoto.net dan menambah poin kontes SEO maka pasang widget yang anda dapatkan sewaktu daftar di situs anda. Setelah widget tersebut mendapat 1 klik baru iklan anda masuk ke postingan di opoto.net
    ini system otomatis. Thanks telah bergabung.

    Semoga sukses, Kerja keras adalah energi kita

  10. Freelance Finance mengatakan...

    ayo kerja keras pertamina!!! biar gak kalah sama petronas .. :D

  11. komputer-tech mengatakan...

    semangat sob! sukses buat kerja kerasnya!

  12. Upex Rock mengatakan...

    terus semangat & sukses selalu sob...

  13. secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

    siiiiaaapp!

    pertamina,,

  14. Lembaga Pelatihan mengatakan...

    Harus kerja keras mengatasi korupsi di Pertamina... Peace

  15. Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

    Secara pribadi saya sangat menyambut baik terobosan pertamina karena mereka ingin meminta sumbang saran kepada kita, blogger tanah air..
    Mudah2an artikel yang ditulis dapat memberikan masukan kepada pihak pertamina...

    Brovo Pertamina

    salam hangad bro

  16. secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

    salam hangat semoga sukses selalu!

  17. Lembaga Pelatihan mengatakan...

    Tantanga yang cukup berat bagi Pertamina ... kecuali dipimpin oleh orang orang yang berani dan tidak biasa biasa. Klo pemimpinnya biasa biasa aza ... ya... transformasi cuma akan menjadi slogan dan hanya meramaikan cuaca di Blog Contest...!!

  18. Anonim mengatakan...

    "ayo kerja keras pertamina!!! biar gak kalah sama petronas .. :D"
    sirik yach sama adik muda?ga perlu deh..kita emang nya harus aja blajar lbih lg..x kira blajar dr yg muda ataw yg tua..jaya trus indonesia..

  19. Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

    Kerja keras adalah energi kita, tapi di Makassar energi listrik habis jadinya pemadaman bergilir 3 kali sehari dgn durasi 3 jam.

  20. narti mengatakan...

    sukses dengan kontesnya ya.

  21. sda mengatakan...

    yg dulu berguru sekarang malah lebih maju?
    maju terus Pertamina!

  22. hadi mengatakan...

    moga sukses sobat

  23. j☻hanE§ ÃŽwan g☺es tö,. mengatakan...

    Artikel yang bagus untuk memacu motivasi, sukses!

  24. gdpermana mengatakan...

    jadikan milik Indonesia menjadi kebanggaan dalam negeri dan dunia internasional..

    GO INDONESIA.... GO PERTAMINA

  25. Blogspot Blogger mengatakan...

    Selamat ber juang dalam Kerja Keras Adalah Energi Kita. Bekerja Keras terus ya. Moga sukses ya kawan.

  26. NGDlover (pebea) mengatakan...

    Semakin banyak yang bangga dengan negaranya sendiri, semakin tinggi dan harumlah nama negara tersebut di dunia internasional, dan itu semua harus dicapai dengan kerja keras semua elemen bangsa, jadi ...maju terus dan keep on working, karena kerja keras adalah energi kita

  27. Rock mengatakan...

    Kemarin Google melakukan update Page Rank, http://upex.blogspot.com/ naik ke peringkat 2. Makasih utk dukungannya sob...

  28. Rock mengatakan...

    Terus semangat sob...

  29. Hadi mengatakan...

    Semoga menang bro kontesnya,

    salam kerja keras adalah energi kita

  30. Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

    harusnya tetap semangat membuat artikel sejenis utk tujuan optimasi onpage....
    ayo kerja keras lagi kawan!

  31. Frank Garsel mengatakan...

    selmat berjuang dan bekerja keras...:)ikut mendukung...

  32. Kandil Sasmita mengatakan...

    kerja keras dan kurangi seminimal mungkin campur tangan asing ini baru pas he3x semangat Mas Daniel

  33. gdz mengatakan...

    Wah,... selamat Mas Bro atas keikutsertaannya dalam kontes Pertamina. Great jobs,... it's an experiment, apa efeknya kalo halaman lain di link dr halaman lain yg dioptimasi dengan kata kunci yg sama. Numpang lewat ya .. menyundul blog ane utk ikut juga di kontest Kerja Keras Adalah Energi Kita.

  34. ian mengatakan...

    yup, betul sekali, kita tidak kekurangan energi dari alam.. tapi kekurangan energi dari manusia, budaya untuk kerja keras, adalah salah satu jalan efektif untuk menaikkan kualitas SDM di Indonesia, kalau tidak kita mulai dari diri kita sendiri, Indonesia tidak akan pernah maju. Maju terus Indonesia, tinggalkan status negara berkembang, dan jadilah negara maju seperti US dan Jepang.

    Salam hangat,
    ian
    Technoblog Writer.

  35. rachel mengatakan...

    kerja keras mu membawakan hasil melimpah shob,. mantap,.,.

  36. Sell Original Software mengatakan...

    Kerja keras tanpa implementasi sama saja kagak ada tuh yang namanya kerja keras

  37. Lembaga Pelatihan mengatakan...

    Wow artikelnya sangat bagus..!! berpandangan kedepan... Peace kerja keras adalah energi kita

  38. Lembaga Pelatihan mengatakan...

    Artikelnya siiip sekali... berdasarkan temuan Transparency international... memng Pertamina itu kurang transparant terutama dalam hal setoran ke negara...Peace

  39. gusdon_ mengatakan...

    repotnya sudah keras.... masih juga dipersulit.... :)

  40. Astaga.com Portal Lifestyle On The Net mengatakan...

    Astaga.com Portal Lifestyle On The Net:Astaga.com Portal Lifestyle On The Net:
    Astaga.com Portal Lifestyle On The Net:
    Astaga.com Portal Lifestyle On The Net:
    Astaga.com Portal Lifestyle On The Net

  41. sms cinta romantis mengatakan...

    kerja keras sangat di butuhkan.kalo ga kerja kesa mana bisa sukses

  42. Bahagia Putra SD mengatakan...

    Bantuin kita-kita donk ... Untuk jadi Blogger2 sejati...

  43. Mayakom mengatakan...

    cool post
    karzanik@gmail.com

  44. Specifications K-Fone mengatakan...

    Kerja keras dan ketekunan + ekperiment membuat impian menjadi nyata

  45. mobil keluarga ideal terbaik indonesia mengatakan...

    keren gan postingannya.. gak ikutan kontes lagi? kontes mobil keluarga ideal terbaik indonesia
    lam kenal gan..

  46. Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

    Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

  47. perlunya web komunitas event organizer mengatakan...

    salan kenal aja sob..

  48. labor bahasa mengatakan...

    hmm keren tp knp harus pertamini seh hahaha

  49. perlunya web komunitas event organizer mengatakan...

    kapan ya ada lowongan pertamina

  50. jas hujan murah mengatakan...

    postingan yang keren

  51. pempek mengatakan...

    nice artikel gan,,,,

  52. Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah mengatakan...

    keren postingan tentang pertaminanya,
    lam kenal ya..

  53. Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah mengatakan...

    Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

    By: Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah

  54. penumbuh rambut mengatakan...

    wow, keren ne post ahahahha

  55. domain murah mengatakan...

    makasih, ane jadi dapet ilmu baru ne gan ^^

  56. Small Business Names mengatakan...

    Memang benar... Kerja keras adaalah energi Kita... klu mau Sukses Memang harus Gitu.
    Postingannya bagus...

  57. Jasa Penerjemah | Penerjemah Resmi | Jasa Penerjemah Tersumpah mengatakan...

    makasih mas..

  58. Penerjemah Tersumpah | Penerjemah Resmi | Jasa Penerjemah Tersumpah mengatakan...

    makasih lagi ya...

  59. buy cipro mengatakan...

    This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

  60. yopie mengatakan...

    pertamina,,,
    terlalu banyak aturan sekarang gan,,
    bingung
    antara pertamax ma premium

  61. Harga Toyota mengatakan...

    Kunjungan Gan, salam kenal. Semoga sukses slalu.

  62. Add A Website Premium Directory mengatakan...

    This Is Another Great In This Blog And Face Is Effective Wat Promote Your Website If You Know How To Do It Right And They Are One Of The Largest Website Online

  63. Bejubel Market Place Terbaik Indonesia mengatakan...

    Ikut Kontes SEO lagi Gan,
    semoga sukses slalu y Gan.

  64. Baju Muslim mengatakan...

    Makasih, sukses selalu
    Baju

  65. lab bahasa mengatakan...

    aremania sasaj

  66. toko baju muslim mengatakan...

    good information ... I have read and will be added to my personal knowledge... thanks

  67. obat tradisional stroke mengatakan...

    salam kenal ya. . . . . .

  68. Baju Wanita Online mengatakan...

    Salam kenal ya, sukses untuk kontes SEOnya

  69. Pelatihan Motivasi mengatakan...

    Semoga menang ya di kontes2 seo berikutnya, salam kenal :)

  70. jas hujan mengatakan...

    mantap infonya

  71. asri mengatakan...

    ayo bersemangat terus para pekerja

  72. Belajar Search Engine mengatakan...

    wah bagus sekali gan infonya...menambah ilmu blogger saya aja ne.
    jangan lupa di update terus ya gan blog nya. lain kali saya akan kunjungi lagi ne blog.
    mantap dah.

  73. Bwin368 Agen Judi Terpercaya mengatakan...

    wah makasih infonya gan :D

    BWIN368 AGEN JUDI TERPERCAYA
    BWIN368 AGEN BOLA ONLINE

    LIGATARUHAN AGEN BOLA TERPERCAYA
    LIGATARUHAN AGEN IBCBET SBOBET TERBAIK

  74. LigaTaruhan Agen Bola Terbaik mengatakan...

    wah makasih infonya gan :D

    BWIN368 AGEN JUDI TERPERCAYA
    BWIN368 AGEN BOLA ONLINE

    LIGATARUHAN AGEN BOLA TERPERCAYA
    LIGATARUHAN AGEN IBCBET SBOBET TERBAIK

  75. baju-baju modis mengatakan...

    kerja keras adalah energi serta tidak lupa disertai doa untuk supportnya, awsome-post mas admin ^^

  76. saluran mampet mengatakan...

    menarik sekali
    artikelnya keren
    terimakasih banyak

  77. IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

  78. Frans Sahila mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  79. Frans mengatakan...

    salam untuk semua nama saya sahila frans saya tingal di ambon saat ini hobisaya belanja terutama belanja online

  80. freight forwarder jakarta indonesia mengatakan...

    Wow, this is so impressive and interesting content. Thanks for sharing it. freight forwarder jakarta indonesia

  81. harga sewa mesin fotocopy mengatakan...

    very nice, got looked into harga sewa mesin fotocopy