Kerja Keras Adalah Energi Kita:Wujud Transformasi Management Pertamina

Transformasi di Pertamina


Melihat perkembangan pertamina mungkin akan membuat banyak dari kita bertanya ada apa dengan Pertamina dan bagaimana bisa pertamina ketinggalan jauh dari banyak kompetitor yang ada seperti Petronas dan SPC. Padahal dahulu Petronas adalah murid dari Pertamina, namun sekarang Petronas jauh meninggalkan Pertamina dalam pencapaiannya. Bahkan Petronas dan SPC sudah menjadi salah satu raksasa dunia atau World Class Oil Company yang keberadaannya sangat diperhitungkan oleh dunia.

Pengelolaan pertamina atau management pertamina adalah sebuah jawaban dari ketertinggalan tersebut. Bukanlah sebuah rahasia apabila banyak masalah dan kasus besar yang melibatkan Pertamina. Korupsi dan tidak transparan dlam pengelolaan pertamina selalu menjadi issue penting di indonesia. Sejak era kepemimpinan Ibnu Sutowo hingga saat ini, management Pertamina selalu mendapat kritikan tajam dari berbagai pihak. Management dianggap sebagai salah satu penyebab kegagalan dalam pengembangan Pertamina.

Sekarang adalah moment yang sangat menentukan bagi Pertamina untuk merubah diri. Dibawah kepemimpinan wanita pertamina yang memimpin pertamina, Karen Agustiawan,Pertamina melakukan pembenahan diri. Kampanye slogan barunya Kerja Keras Adalah Energi Kita dilakukan sebagai tonggak awal transformasi diri tersebut. Tuntutan perubahan yang begitu besar mengharuskan transformasi tersebut harus bisa berjalan dengan baik. Apalagi era keterbukaan sudah menjadi nyata. Visi menjadi saah satu World Class Oil Company juga dicanangkan dan menjadi sebuah target yang haru dicapai oleh Pertamina.

Penerapan Good Corporate Governance dalam management Pertamina menjadi sebuah keharusan dalam rangka peningkatan transparansi dan profesionalitas pertamina dalam menjalankan perusahaan ini. GCG menjadi acuan penerapan management yang tepat karena memang konsep ini mampu membuat efisiensi dan efektivitas sebuah manajemen di suatu perusahaan. Konsep GCG ini juga menunjukkan bahwa slogan Kerja Keras Adalah Energi Kita di pertamina memang sudah berjalan sekaligus masyarakat bisa memantau progress dari pertamina dalam menjalankan transformasinya.

Terlepas dari sinisme dari berbagai kalangan masyarakat terhadap visi pertamina dan transformasi dari pertamina ini, keberhasilan pertamina bukanlah kebanggaan pertamina itu sendiri namun adalah kebanggan dari seluruh bngsa Indonesia. Karena itu seharusnyalah slogan Kerja Keras Adalah Energi Kita harus meresap sebagai bagian dari budaya kerja dan etos kerja sehari-hari di seluruh level management pertamina agar proses transformasi tersebut bisa berjalan sesuai rencana dann bukan hanya slogan semata. Sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi Pertamina bahwa mereka bisa menjadi kebanggan bangsa Indonesia.

0 comments: